Cara Melatih Anjing Berdoa

By | September 30, 2016

Melatih anjing untuk berdoa memang lebih sulit daripada melatih untuk duduk atau tiarap. Pada dasarnya anjing memang memiliki sifat penurut yang akan menuruti setiap perintah dari majikannya namun perlu pembiasaan diri terhadap perintah tersebut. Sebelum melatihnya untuk berdoa, sebaiknya pastikan terlebih dahulu jika anjing Anda sudah bisa melakukan sikap duduk atau tiarap.

Pada konsep latihan berdoa ini posisi anjing akan duduk berdiri sambil merapatkan kedua tangannya sehingga terlihat seperti berdoa. Hal ini bisa diulangi ketika jam makannya akan tiba atau ingin membawanya pada kompetisi anjing. Langsung saja simak langkah-langkah dan cara melatih anjing berdoa yang mudah dan lebih cepat.

Cara Mengajarkan Anjing Berdoa
Tips Melatih dan mengajarkan Anjing Berdoa Cara Mengajari Anjing Berdoa

Tips Melatih dan Mengajarkan Anjing Berdoa

Posisikan anjing Anda untuk lebih tenang dan mulai dengan sikap duduk yang baik. Perintah yang akan digunakan supaya berdoa nantinya adalah “berdoa/pray”.

Setelah posisi duduk, bisa langsung mengucapkan kata “berdoa/pray” kemudian membuat posisi anjing seperti konsep berdoa tersebut. Lalu ulangi mengucapkan perintah yang sama, setelah itu berikan pujian dengan mengelus kepalanya atau menggaruk bagian lehernya. Lakukan secara berulang sampai anjing tersebut mengetahui perintah yang ditekankan.

Setelah selasai bisa mengatakan “amin/selesai” untuk mengakhiri posisi tersebut dan mulai menyantap makanan. Jika tidak menurut atau tidak mau berdiri sebaiknya memberikan konsekuensi seperti mengikatnya dengan rantai atau tali anjing kemudian tetap menuntunnya. Jika diperlukan Anda bisa memberikan penghargaan jika menurut dengan memberikan makanan anjing.

Untuk waktu yang lebih panjang lagi sebaiknya membiasakan langkah awal untuk mengajarkan hal tersebut kemudian memberikan jeda waktu sampai perintah selanjutnya Anda berikan. Selama masa pengajaran ini sebaiknya jangan mengajari perintah yang lain dulu, misalkan jika belum bisa posisi duduk atau tiarap sebaiknya untuk mengajarkannya terlebih dahulu sehingga anjing tidak merasa bingung.

Untuk anjing biasa bisa membutuhkan waktu sampai 2 minggu lebih untuk mengajarinya supaya bisa berdoa tetapi bergantung dari anjing tersebut juga karena akan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Itulah langkah-langkah dan cara melatih anjing berdoa yang paling mudah dan cepat. Untuk mengajarinya secara lebih efektif, sebaiknya Anda perlu mengerti tentang tipe dan sifat dari anjing Anda karena masing-masing anjing memiliki tipe dan daya tangkap yang berbeda-beda.