Keunggulan, Keunikan, Sifat Karakter Anjing Rottweiler

By | May 14, 2017

Mengenal Anjing Rottweiler

Umumnya berwarna coklat tua dan hitam, anjing jenis Rottweiler sering ditakuti oleh banyak orang. Anjing ini memang termasuk sebagai salah satu anjing penjaga terbaik karena kecerdasan dan kesetiaan pada pemiliknya. Anjing Rottweiler memiliki tubuh tegap, besar dan berotot. Jadi, wajar jika anjing ini tidak hanya dijadikan teman tetapi juga dijadikan penjaga rumah dan keluarga. Ras Rottweilers memiliki karakter yang sangat protektif terhadap pemilik mereka, terutama ketika mereka merasa ada bahaya atau ancaman dari orang asing.

Sifat anjing Rottweiler yang selalu waspada memang sedikit menyulitkan bagi pemiliknya, sebab anjing asal Jerman ini lebih sulit beradaptasi dengan hewan lain atau bahkan orang asing yang belum mereka kenal. Jika memiliki beberapa hewan peliharaan selain Rottweiler, sebaiknya kenalkan Rottweilers pada hewan-hewan peliharaan lain. Tujuannya adalah untuk mencegah Rottweiler mengasingkan diri atau bahkan menggonggong pada hewan-hewan peliharaan yang lain.
Ras anjing Rottweiler

Rottweiler juga harus dikenalkan pada seluruh anggota keluarga agar anjing bertubuh besar ini mau patuh pada semua anggota keluarga pemiliknya. Saat sudah kenal dengan seseorang atau familiar dengan baunya, Rottweiler akan sangat loyal dan bersahabat. Bahkan, Rottweiler akan terus mengekor karena anjing ini memang selalu suka berada di dekat pemiliknya.

Hal unik dari ras Rottweiler adalah meskipun terlihat ganas, anjing ini justru sangat menyukai anak-anak. Rottweilers tak akan pernah melukai anak-anak, anjing yang satu ini malah bisa menjadi teman baik bagi anak-anak. Ini merupakan salah satu kelebihan dan keunikan anjing Rottweiler.
Fakta anjing Rottweiler, kelebihan, keunikan, keunggulan, karakter, sifat, makanan, dan perawatannya

Kemampuan fisik Rottweiler tak perlu diragukan lagi. Keunggulan anjing Rottweiler yang memiliki tubuh sangat kuat dan berperawakan besar membuatnya tampak gahar dan sangar. Tingginya bisa mencapai 69 sentimeter dengan berat badan mencapai 60 kilogram. Kesan menakutkan Rottweiler biasanya berasal dari bentuk kepalanya yang lebar disertai moncong yang panjang ke depan. Kebanyakan mata Rottweiler berwarna gelap meskipun ada beberapa Rottweiler yang memiliki mata biru dan coklat terang.

Warna bulunya juga sama dengan warna matanya, hitam gelap dengan sedikit warna coklat. Jenis anjing ras Rottweiler memiliki ciri-ciri bulu yang pendek sehingga tidak mudah rontok seperti jenis-jenis anjing yang berbulu panjang dan lebat. Perawatannya juga tidak sulit. Rottweiler hanya perlu disisir dengan rutin untuk menghindari bulu rontok berlebihan.
Anjing Rottweilers

Beberapa penyakit yang kerap menjangkiti anjing Rottweiler adalah hip dysplasia, kerusakan ACL, dan entropion dimana celah diantara kelopak mata menyempit. Namun, dengan perawatan dan pola makan yang baik dan bergizi, Rottweiler tentu akan jauh dari penyakit. Sebagai hewan karnivora, daging adalah makanan utama bagi Rottweiler. Makanan anjing Rottweiller yang paling sehat adalah daging segar. Rottweiler akan lebih lahap jika daging yang diberikan masih belum dimasak. Untuk mencegah Rottweiler sering sakit, akan lebih baik jika Rottweiler diberi makanan yang alami, bukan yang berjenis kalengan atau makanan kering.

Hindari memberi Rottweiler sayur atau buah-buahan karena mereka tidak suka. Hal itu justru dapat menurunkan nafsu makan si anjing. Sayuran, buah, serta biji-bijian dapat merusak pencernaan Rottweiler. Anjing hitam ini bakal memiliki masalah pencernaan dan buang gas jika diberi makanan yang tidak cocok. Selain daging segar, hati ayam dan sapi, jeroan lainnya, serta telur matang juga bisa menjadi pilihan lain sebagai menu makanan Rottweiler.

Sebagai jenis anjing penjaga, Rottweiler harus sering dilatih dan diajak berolahraga. Selama melatih Rottweiler, hindari memukul atau menggunakan nada marah saat mereka berbuat salah. Cara mendisiplinkan yang seperti itu akan membuat latihan makin sulit dan lama. Apalagi anjing Rottweiler bisa marah jika sering dipukul. Ketika marah, mereka tidak akan segan melukai karena merasa dirinya terancam. Jadi, cukup katakan ‘jangan’ atau ‘tidak boleh’ ketika melarang mereka melakukan sesuatu. Untuk olahraga, ajaklah Rottweiler jalan-jalan santai di akhir minggu agar mereka tidak selalu berada di dalam rumah. Kenalkan Rottweiler dengan daerah kompleks rumah dengan berjalan-jalan atau lari pagi. Selain itu, ajak Rottweiler main tangkap bola agar otot-otot di tubuhnya tidak kaku.