Cara melatih Anjing Tiarap

By | October 12, 2017

Melatih anjing untuk lebih menurut sama majikan memang bukanlah perkara gampang. Tetapi jika dikerjakan dengan penuh kesabaran dan kasih sayang akan lebih mudah dan cepat. Pada kesempatan kali ini akan dibagikan cara melatih anjing agar bisa tiarap atau down atau flat. Tips ini diadopsi dari pelatihan anjing yang ada di Jakarta yang memiliki metode efektif dalam melatihnya.

Sebelum memulai memulai teknik pelatihan cara mengajari anjing tiarap ini sebaiknya kita harus paham tipe dari anjing yang akan kita latih. Hal ini akan semakin lebih mudah dalam melatihnya karena pada masing-masing tipe anjing tersebut juga berbeda dalam cara mengajarinya. Coba lihat tipe anjing berikut ini.
Cara mengajari anjing tiarap

Tipe Anjing yang Akan Dilatih
Tipe anjing yang pertama memiliki temperamen yang baik dan selalu aktif. Ciri-ciri anjing dengan tipe ini adalah ketika kita melemparkan bola ke suatu tempat maka anjing tersebut akan berlari mengikuti bola tersebut, kadang bisa langsung digigit atau hanya diendus lalu ditinggalkan. Untuk tipe anjing ini memang agar merepotkan karena susah dalam berkonsentrasi saat dilatih. Perlu adanya teguran atau koreksi agar lebih menurut dan berkonsentrasi.

Tipe yang kedua lebih bertemperamen baik tetapi tidak terlalu aktif. Pada tipe anjing ini ketika kita melemparkan bola terlihat gembira namun tidak datang ke bola tersebut. Pada kesehariannya juga lebih bahagia dan sering mengikuti kita. Anjing tipe ini lebih mudah dan cepat untuk diajari tiarap karena bisa lebih berkonsentrasi saat dilatih.

Tipe anjing yang ketiga memiliki sifat tidak keduanya sehingga terlihat pasif dan sering menyendiri. Pada saat menggelindingkan bola juga tidak terlalu dianggap oleh anjing tersebut. Memang untuk mengajarinya harus lebih lemah lembut dan jangan pernah memberikan koreksi atau hukuman karena akan menyebabkan trauma lebih dalam.

Dari tipe anjing tersebut kini kita bisa mengetahui karakter anjing kita masuk pada tipe yang mana. Setelah itu baru bisa melanjutkan ke tahap cara melatih anjing agar tiarap. Para pelatih juga banyak yang mengatakan lebih baik untuk melatihnya duduk dahulu sebelum tiarap agar semakin mudah dalam pemahamannya.

Cara Melatih Anjing Tiarap

Untuk tipe ke 1 dan 2 kita bisa mengajari si anjing duduk terlebih dahulu kemudian kita bisa mengatakan tiarap/flat/ down lalu menarik kaki depannya ke depan sehingga posisinya menjadi tiarap. Kita bisa mengulangi kata tersebut sambil memberikan pujian atau makanan. Pelatih juga perlu melakukan hal tersebut secara berulang karena kata baru bagi anjing memang tidak mudah untuk dimengerti.
Cara melatih anjing tiarap down flat


Cara mengajari anjing tiarap down flat
Cara melatih anjing agar tiarap dengan mudah

Lakukan cara tersebut secara berulang sambil memberikan pengertian seperti menepuk lembut punggung bagian belakang ataupun menggaruk kepalanya. Dengan begitu anjing akan lebih mudah untuk mengerti perintah tuan nya dan lebih senang dalam melakukannya. Hindari memberikan perintah secara kasar ataupun memasang muka garang. Ini akan membuat anjing menjadi takut.

Untuk tipe anjing 3 memang tidak mudah dalam melatihnya, yang perlu kita lakukan adalah mengembalikan aktivitas anjing tersebut agar lebih aktif lagi. Kita bisa mengajaknya berlari bersama atau mengajaknya berjalan-jalan. Perlu kita perhatikan juga pada faktor kesehatannya karena anjing yang pasif biasanya memiliki kekurangan pada kesehatannya.

Setelah bisa aktif kembali langsung memulainya seperti tipe anjing 1 dan 2, dalam penerapannya memang membutuhkan kesabaran karena kadang ketika sudah tiarap akan langsung berlari atau berdiri kembali. Maka dari itu perlu konsekuensi seperti mengikatnya dengan rantai atau dengan tali pengikat anjing.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai cara melatih anjing tiarap. Untuk anjing normal, pembelajaran bisa dilakukan dalam seminggu langsung bisa, tetapi untuk anjing biasa memang bisa memakan waktu yang lebih lama juga. Semoga tips diatas bisa membantu dalam melatih anjing tersebut.