Anjing Pomeranian / Mini Pom, si Kecil Pendek Tapi Imut Menggemaskan

By | May 17, 2017

Anjing Pomeranian

Pomeranian atau yang lebih sering dikenal dengan anjing pom ataupun anjing mini pom merupakan jenis anjing yang memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil dibandingkan dengan ras anjing lainnya. Anjing Mini Pomeranian ini berasal dari wilayah Pomerania yakni daerah sekitar Jerman dan Polandia, anjing ini dikembangkan dari keturunan Spitz kuno. Ras ini mulai populer sekitar tahun akhir 1800an oleh Ratu Victoria Inggris.

Minipom memiliki moncong pendek pada bagian mulutnya serta warna hidung yang bervariasi mengikuti warna bulunya. Perawakannya yang kecil dan pendek justru membuat nilai tambah anjing mini pom. Jenis anjing satu ini memang terlihat imut. Dengan kelebihan itu maka tak heran jika banyak pecinta anjing yang memelihara dan menyukai ras anjing pom.
Ras anjing pomeranian

Karakteristik anjing Pomeranian
Anjing Pom rata-rata memiliki tinggi tubuh 17-30 cm. Sedangkan berat badannya sekitar 1,4 sampai dengan 3,2 kg. kepala anjing Pomeranian cenderung bulat, dengan tengkorak pendek dan mata yang gelap berbentuk seperti kacang almond serta ekor yang berbulu lebat. Anjing ini juga memiliki moncong pada hidungnya sedikit pendek diikuti dengan bentuk bibirnya tidak terlalu tipis. Telinganya kecil dan berdiri dengan tegak.

Anjing pendek ini memiliki leher pendek yang ditutupi dengan bulu lebat. Ekornya yang indah serta lurus juga menjadi ciri khas dari anjing Pomeranian. Pada dasarnya anjing Pom memiliki 2 lapisan bulu. Yakni bulu lapisan dalam yang sangat lembut dan padat serta bulu lapisan luar yang panjang, lurus, agak kasar, dan mengembang sehingga terlihat sangat lebat. Bulunya sangat lebat pada bagian leher dibanding dengan bagian tubuh lainnya. Warna dari najing ini juga beragam, kebanyakan berwarna jingga, coklat, cream, hitam, merah, maupun campuran dari beberapa warna tersebut.

Sifat anjing Pomeranian
Salah satu keunggulan sifat Pomeranian yakni dikenal sebagai anjing kecil dengan kepribadian yang besar. Mereka selalu bersemangat, lucu, dan menggemaskan. Anjing ini juga bertipe mandiri dan tidak pemalu meski dengan ukuran tubuh yang kecil. Selain itu, mereka tergolong anjing yang pemberani, protektif, lincah, dan sangat loyal dengan majikannya karena anjing jenis pom mudah beradaptasi dengan lingkungannya baik secara fisik maupun secara mental. Namun, anjing ini memiliki gonggongan yang cukup keras terutama saat ada sesuatu yang dicurigainya. Karena keindahannya, jenis anjing pom juga sering digunakan unutk ajang fashion show khusus anjing dan komprtisi kepatuhan.
Karakter, sifat, kelebihan, keunggulan anjing Pomeranian

Perawatan anjing Mini Pom
Sesekali ajak anjing Pom untuk berjalan-jalan setiap hari selama 10-15 menit agar anjing tidak merasa tertekan atau stress. Jika kondisi cuaca panas dan terlalu lembab jangan ajak anjing kita keluar karena najing Pomeranian sangat sensitive terhadap suhu ekstrem. Kita juga perlu mengawasi kesehatan tubuh anjing pomeranian terutama dari tanda-tanda penyakit atau infeksi dengan meyisiri tubuh anjing mulai dari kepala ke seluruh tubuh sambil mengamati keadannya, setidaknya lakukan 2 kali dalam seminggu. Dengan begini kita akan selalu mengetahui kondisi kesehatan anjing kita. Untuk perawatan selengkapnya liat artikel cara merawat mini pom.

Makanan anjing Mini Pomeranian
Makanan yang diberikan kepada anjing Mini Pom juga perlu diperhatikan. Mereka memerlukan diet yang berbeda-beda sesuai dengan usianya. Diwaktu umur masih anak-anak masih memerlukan banyak protein sehingga kita perlu untuk memberi makanan dengan kadar protein yang cukup. Sedangkan pada usia dewasa, sangat penting untuk menjaga porsi makan yang diberikan untuk mencegah anjing ini kelebihan berat badan.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan adalah jika kita memberikan makanan instan kurangi memberi anjing ini makanan instan yang banyak mengandung bahan kimia. Makanan instan dapat kita dapatkan di pasaran atau di pet shop. Kita juga dapat mengganti makanan instan dengan bahan alami yakni daging segar baik daging ayam, ikan, jeroan, nasi, atau bahkan sayuran dan buah-buahan seperti brokoli, bayam, kentang manga dan lainnya. Untuk soal ransum, kita dapat memberikannya makan 2 sampai 3 kali dalam sehari.
Anjing Mini Pom

Kandang Anjing Mini Pom
Untuk tempat tinggal atau rumah anjing Pomeranian cukup mudah. Mereka dapat tinggal bersama dengan pemiliknya yakni di dalam rumah serta mereka lebih suka hidup di sekitar halaman rumah yang sejuk. Kita juga perlu melindungi anjing ini dari suhu yang terlalu ekstrem karena dapat menyebabkan anjing ini sakit. Anjing Pom juga dapat dengan mudah hidup akur dengan kucing atau hewan peliharaan yang lainnya, tentu berbeda dengan anjing lainnya yang tidak dapat hidup berdampingan hewan peliharaan lain terutama kucing. Jadi jika kita menyukai kucing, kita juga dapat memelihara anjing Pomeranian sekaligus. Mereka tidak akan bentrok. Yang perlu diingat adalah kita juga harus memperhatikan anjing minipom ini jauh dengan anjing lain yang berukuran besar.

Melatih anjing Pomeranian
Anjing Pomeranian tergolong anjing yang ramah dan dapat hidup berdampingan dengan manusia, oleh karena itu kita perlu melatihnya untuk buang air di tempat yang disediakan atau pada kamar mandi. Untuk melatih anjing buang air di tempat yang disediakan, kita biasa mengajakknya untuk keluar atau ke kamar mandi setelah beberapa saat makan agar anjing dapat membuang kotorannya.

Kita juga tidak perlu repot untuk mengajari beberapa hal kepada anjing ini, karena anjing mini pomeranian termasuk jenis anjing yang mudah untuk dilatih. Anjing Pomeranian sangat suka menjadi pusat perhatian terutama oleh majikannya. Oleh karena itu, mereka senang diajari gerakan-gerakan baru diselingi dengan memberi kudapan sebagai imbalannya, dengan waktu yang singkat anjing and sudah dapat melakukan gerakan yang kita ajarkan.