Anjing Siberian Husky: Keunggulan, Sifat, Karakter, Keunikan

By | May 9, 2017

Fakta Unik Husky, si Anjing Kutub
Anjing Siberian Husky selalu menjadi favorit banyak orang. Bahkan, anjing kutub berbulu tebal ini sering diajak berfoto oleh banyak orang ketika si Husky diajak jalan-jalan oleh pemiliknya. Jenis ras anjing berbulu indah ini memang memiliki magnet bagi orang-orang yang melihatnya. Selain itu, penampilannya yang sedikit sangar juga merupakan daya tarik tersendiri. Sepintas, Husky terlihat sangat mirip dengan anjing ras Alaskan Malamute. Keduanya memang sangat identik, namun sebenarnya mereka adalah dua ras yang berlainan. Untuk bisa membedakannya, kenali ciri-cirinya di perbedaan Alaskan Malamute dan Siberian Husky.

Dengan tubuh yang tidak terlalu panjang, anjing Husky hanya memiliki berat 20 hingga 27 kilo. Husky betina lebih ringan daripada husky jantan, berat husky betina hanya sekitar 18 hingga 24 kilo. Jika beberapa anjing ras lain bisa terkena obesitas, husky sangat jarang terjangkit obesitas. Hal ini dikarenakan husky sangat lincah dan suka bergerak.
Anjing siberian husky

Sifat, Karakter, Kebiasaan Siberian Husky
Sebagai anjing yang berasal dari kutub, husky tidak hanya dibekali bulu tebal saja, melainkan juga kaki-kaki yang kuat dan gagah. Ras anjing yang perawakannya menyerupai serigala ini memang memiliki tenaga yang jauh lebih besar dibandingkan tipe anjing ras lainnya. Sejatinya, husky adalah anjing penarik kereta luncur di daerah Chukchi, Asia Timur Laut. Faktanya, darah pelari dalam anjing ini terus mengalir, bahkan pada husky-husky yang sudah tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia.

Jadi, bagi yang baru memelihara husky, jangan heran jika anjing Siberian Husky ini memiliki kebiasaan berlarian kesana-kemari tanpa lelah. Sebaiknya selalu awasi husky atau tutup pintu gerbang agar ia tidak lari sendirian ke jalanan. Selain berbahaya bagi orang lain, keamanan husky juga tidak terjamin ketika mereka berlari sendiri di luar rumah tanpa kalung dan leash. Harganya yang mahal selalu menarik perhatian para pencuri anjing.
Karakter, kebiasaan, dan sifat Siberian-Husky

Kesepian adalah salah satu alasan anjing husky suka berontak atau mencoba melarikan diri dari rumah. Ketika husky merasa tidak diperhatikan dan tidak disayang oleh pemiliknya, mereka akan mencoba melarikan diri seperti cara-cara diatas. Kalau tidak berhasil melarikan diri, Husky akan menyalurkan rasa kesepiannya dengan merusak barang-barang di rumah. Sebagai anjing yang memiliki sifat penyayang dan sangat berdedikasi pada pemiliknya, husky pun mengharapkan rasa sayang yang sama dari pemiliknya.

Jika kita juga memiliki peliharaan hewan lain semisal kucing, tupai, kelinci, atau hamster, sebaiknya selalu waspada. Jika husky merasa hewan-hewan lain itu lebih diperhatikan, husky yang memiliki naluri berburu akan memburu hewan-hewan itu. Bukan berarti husky tidak bisa dipelihara, namun ajaklah husky bersosialisasi dengan seluruh anggota keluarga, termasuk hewan-hewan peliharaan lain. Ajaklah husky bermain bersama dan berikanlah perhatian padanya agar husky tidak merasa terasingkan.

Karakter Husky juga terkenal sebagai anjing yang pintar dan cerdik. Mungkin saja naluri alamiah sebagai anjing yang suka berburu membuat Husky sanggup menemukan jalan keluar rumah. Jika dibiarkan di kebun tanpa tali pengikat, husky akan menggali lubang dalam hingga dia bisa keluar pagar melalui lubang tersebut. tak hanya menggali, husky bahkan bisa melewati pagar listrik jika mereka memang berkeinginan kuat untuk lari. Oleh karena itu, memelihara husky memerlukan pengawasan yang ketat dan berbagai latihan agar husky tidak terbiasa keluar rumah kecuali jika diajak.
Anjing ras Siberian Husky

Husky sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Mereka bahkan sangat mudah bergabung dengan manusia, termasuk anak-anak kecil. Husky bisa merasakan aura baik pemiliknya. Mengajak husky berjalan-jalan atau lari pagi di akhir minggu akan membuat husky menurut dan lebih sayang pada pemiliknya. Husky akan sangat senang ketika diajak berlari keluar rumah. Saat sudah lelah berolahraga, husky tidak akan nakal. Berikan makanan kesukaannya setelah mengajak husky berolahraga untuk menyeimbangkan kebutuhan gizinya. Lihat juga panduan cara merawat Siberian Husky.

Memelihara anjing Siberian Husky berarti harus mau bersih-bersih bulunya yang rontok setiap hari. Bulu rontok sudah menjadi keseharian husky. Bahkan, sekali atau dua kali dalam setahun, husky akan melepaskan seluruh lapisan bulunya secara alami. Tapi jangan khawatir, bulu-bulu tersebut akan tumbuh dengan yang baru. Bulu-bulunya yang rontok ini harus selalu disapu dan dibuang agar tidak mengotori rumah. Satu hal yang patut diperhatikan adalah tidak boleh mencukur atau memperpendek bulu husky dengan alasan agar tidak mudah rontok. Husky ditakdirkan memiliki bulu tebal tidak hanya untuk melindunginya dari hawa dingin, tetapi juga sebagai pelindung dari sinar UV.