Cara Melatih Anjing Berbicara

By | October 1, 2016

Mengajari anjing untuk berbicara memang tidak mudah karena perlu dikembangkan secara berturut-turut agar anjing dapat mengerti maksud dari perintah kita. Bentuk berbicara anjing ini terkadang memang seperti layaknya sedang bicara sesuatu yang nggak jelas, bisa juga dalam bentuk gonggongan tetapi tidak terlalu keras.

Latihan ngomong ini biasanya banyak dilakukan sejak anjing peliharaan masih berusia dini karena daya tangkap dan belajarnya lebih peka. Walau begitu, tetap tidak menyurutkan Anda jika ingin melatihnya saat dewasa. Berikut ini ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anjing Anda untuk berbicara. Trik ini sudah dipakai oleh beberapa yayasan peduli anjing dalam merawat dan melatih banyak anjing.
Tips Mengajarkan Anjing Berbicara

Cara Untuk Mengajari Anjing Berbicara Supaya Ngomong

Tips Mengajarkan Anjing Berbicara

Tips yang pertama untuk melatih anjing berbicara adalah dengan mengajaknya terus berbicara. Misalkan pada setiap aktivitasnya atau sedang istirahat Anda bisa mengajaknya untuk berbicara. Maksud dari langkah ini agar anjing semakin lebih dekat dan mengerti maksud apa yang Anda katakan. Kadang anjing akan lebih diam dan tersenyum riang bisa juga dengan diiringi oleh bunyi gonggongan yang pelan.

Langkah selanjutnya bisa langsung membuat posisi duduk terlebih dahulu kemudian Anda bisa mengatakan “speak” sambil membuka rahang dari anjing tersebut secara pelan sambil menirukan suara anjing seperti “guk..guk”, lakukan hal ini secara berulang.

Anda bisa memberikan makanan anjing kepadanya dalam selang waktu tertentu. setelah agak lama melatihnya coba untuk melatih hal yang sama tetapi dengan menyembunyikan makanan di belakang Anda. Nantinya anjing Anda akan secara refleks berbicara sendiri. Perintah “Speak” memang perlu ditekankan untuk menghasilkan tindakan dari anjing tersebut sehingga perlu diulang-ulang agar anjing dapat mengerti arti perintahnya.

Ingat, jangan terlalu suka menghukum anjing karena dapat menyurutkan niatnya untuk lebih belajar banyak. Metode lain juga bisa dengan mengajaknya bermain tangkap bola atau tarik tambang kemudian memberikan makanan yang Anda simpan di belakang tubuh Anda ketika sudah menggonggong pelan.

Itulah langkah-langkah dalam mengajari dan melatih anjing untuk berbicara. Terkadang memang tidak mudah dalam proses pelatihannya, namun jika dilakukan secara terus menerus akan lebih mudah dimengerti dan dilakukan. Perlu juga adanya kasih sayang dan perhatian yang lebih kepada hewan peliharaan kita agar bisa lebih menurut lagi.