Tips Merawat dan Melatih Anjing Shih Tzu

By | December 19, 2017

Anjing Shih Tzu memiliki tubuh kecil dan bulu panjang, kombinasi itu tentu sangat menggemaskan dan membuat banyak orang menyukai jenis anjing ini. Apalagi suaranya yang nyaring selalu sukses membuat pemiliknya bahagia. Shih Tzu menjadi idaman para pecinta anjing lantaran tubuhnya kecil namun sangat aktif dan lincah. Tinggi badan anjing Shih Tzu hanya 20 hingga 30 sentimeter saja, jadi beratnya juga hanya 9 hingga 16 kilogram.

Ukuran badannya yang kecil itu tidak membatasi kendali Shih Tzu karena seperti anjing lainnya, Shih Tzu sangat tangkas dalam menggunakan gigi serta kaki-kakinya. Ketika memelihara anjing Shih Tzu, jangan pernah lupa untuk memberinya perawatan secara rutin, seperti mandi dan mendapat vaksin. Mandi yang rutin sangat penting bagi anjing kecil ini agar si anjing bebas bau. Tak hanya melakukan perawatan saja, kalian juga harus melatih Shih Tzu. Cara melatih Shih Tzu tidak sulit karena anjing ini termasuk anjing penurut.
cara melatih dan merawat anjing shih tzu

Anjing sebenarnya juga memiliki perasaan, sama seperti manusia. Sebagai pemilik anjing Shih Tzu, kalian tentu harus memperhatikan serta memberi si anjing kasih sayang. Terutama jika kalian memelihara Shih Tzu sejak masih bayi, alangkah baiknya untuk selalu merawatnya agar Shih Tzu gampang dilatih. Perawatan yang dimaksud tidak melulu dibawa ke salon khusus anjing, tetapi akan lebih baik jika kita merawatnya sendiri.

Tips Perawatan Shih Tzu

Sisirlah bulu Shih Tzu setiap hari ketika kalian punya waktu luang. Cara itu akan membuat Shih Tzu merasa diperhatikan dan bisa menurut pada pemiliknya. Jangan lupa untuk menambahkan elusan atau tepukan di dagu Shih Tzu setelah menyisir bulunya. Anjing memiliki insting yang lebih tajam daripada manusia, oleh karena itu anjing selalu tahu mana orang yang menyayanginya atau mana orang yang takut padanya. Jika Shih Tzu merasakan kasih sayang pemiliknya, mereka tentu akan mematuhi pemiliknya sehingga melatihnya tidak akan terlalu sulit.
bagaimana cara merawat shih tzu

Memberikan nama pada Shih Tzu juga menjadi hal wajib. Pastikan kalian selalu menggunakan nama itu ketika memanggil Shih Tzu, misalnya ketika hendak memberinya makan, mengajaknya jalan-jalan, atau sekadar mengajaknya bermain lempar-tangkap. Ulangi beberapa kali ketika baru memberinya nama. Kalian juga bisa memancingnya datang dengan makanan, tetapi akan lebih baik jika cara itu digunakan ketika kalian memang akan memberinya makan.

Sediakan pula tempat khusus dimana kalian meletakkan wadah makan dan minum Shih Tzu. Dengan begitu, Shih Tzu tidak akan kebingungan mencari makanannya. Lagipula, jika makanannya diletakkan sembarangan, kalian akan kesulitan melatih Shih Tzu makan di tempat yang benar. Bahkan, bisa saja anjing kecil ini mencoba mencari makanannya sendiri dan memungkinkannya untuk mengambil makanan kalian. Jadi, sediakan makanannya di ruangan tertentu, dimasukkan dalam wadah yang mudah dibersihkan, lalu panggil namanya agar anjing kecil ini datang.
tips melatih shih tzu

Semua jenis anjing dilahirkan sebagai hewan yang suka berlari-lari dan berolahraga, tak terkecuali anjing Shih Tzu. Kalian bisa melatih Shih Tzu dengan cara mengajaknya bermain dan berjalan-jalan di sekitar kompleks perumahan. Ketika mengajaknya bermain, sebaiknya ajak pula anggota keluarga kalian yang lain. Shih Tzu harus berkenalan dengan semua anggota keluarga. Tujuannya tentu agar dia patuh pada semua anggota keluarga, tidak hanya pada satu orang saja.

Berikan mainan yang disukai Shih Tzu, bisa mainan khusus anjing atau menggunakan bola kecil. Ajak Shih Tzu bermain lempar-tangkap lalu suruh Shih Tzu membawa mainannya kembali pada kalian. Di akhir permainan, beritahukan tempat mainannya disimpan. Ulangi latihan itu berkali-kali hingga kalian bisa menyuruh Shih Tzu menyimpan mainannya sendiri. Kalian bisa menggunakan kata ‘taruh’ sambil menunjuk tempat mainannya disimpan agar Shih Tzu paham.

Untuk acara jalan-jalan, kalian juga harus membiasakan Shih Tzu berjalan bersama kalian. Pakaian collar dan leash agar Shih Tzu tidak berlari sendiri. Jika hanya berjalan-jalan disekitar kompleks yang tidak jauh dari rumah, kalian bisa membiarkan Shih Tzu berjalan sendiri tanpa collar atau leash, asal Shih Tzu sudah tahu jalan pulang. Berjalan-jalan di sekitar kompleks juga menjadi cara melatih Shih Tzu dalam mengenali tetangga sekitar. Anjing adalah binatang yang sensitif, terutama pada orang asing. Mereka akan menyalak ketika mencium bau orang asing. Jadi, ketika mengajak Shih Tzu jalan-jalan di kompleks perumahan, Shih Tzu akan mengingat bau tetangga sekitar. Dia pun tak akan menyalak-nyalak ketika tetangga kalian lewat di depan rumah atau berkunjung ke rumah.
cara melatih anjing shih tzu

Cara Melatih Shih Tzu

Latihan yang paling umum adalah melatih anjing agar duduk. Latihan ini tentu sangat penting karena bisa digunakan ketika Shih Tzu emosi atau menggonggong pada orang asing. Kalian bisa melatih Shih Tzu dengan Bahasa Indonesia ‘duduk’ atau Bahasa Inggris ‘sit’. Agar Shih Tzu cepat paham, sebaiknya gunakan satu bahasa yang sama ketika bicara dengan Shih Tzu. Hindari mencampur Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris karena proses latihannya akan lebih lama dan Shih Tzu akan bingung mengartikan dua kata berbeda itu.

Latihan lain yang tak kalah penting adalah melatih anjing buang air di tempat yang sudah disediakan. Kalau kalian memelihara Shih Tzu sejak masih bayi, biasanya ketika dewasa mereka sudah terbiasa buang air di tempat yang sudah tersedia. Caranya tentu dengan mengajaknya ke tempat buang air yang sudah kalian sediakan ketika Shih Tzu ingin buang air. Apabila Shih Tzu terlanjur buang air besar sembarangan, ambil kotorannya itu, perlihatkan padanya, dan ajak Shih Tzu membuangnya ke tempat yang sudah disediakan. Terus ulangi latihan itu jika Shih Tzu masih buang air sembarangan. Lama-lama, Shih Tzu akan tahu tempat buang air.
bagaimana cara melatih anjing shih tzu

Yang terakhir adalah melatihnya menjalani perawatan rutin. Mandikan Shih Tzu sekali satu minggu. Bagian bulu anjing jenis ini memang membutuhkan perawatan ekstra. Bulunya yang panjang dan lebat membuat Shih Tzu mudah kotor. Jika didiamkan, Shih Tzu bisa bau dan malas mandi. Selain melatihnya mandi teratur, jangan lupa untuk menyisir rambutnya juga. perintahkan Shih Tzu duduk ketika kalian menyisirnya. Tujuannya agar bulunya gampang diatur dan tidak mudah rontok. Selalu ulangi latihan memandikan dan menyisirnya. Cara yang efektif agar Shih Tzu terbiasa mandi dan anteng ketika disisir adalah dengan memberinya reward setelah selesai mandi dan selesai disisir. Reward yang bisa kalian berikan adalah makanan kesukaannya. Shih Tzu pasti akan menurut dan lebih cepat tanggap ketika diajak mandi dan dirias.

Tips-tips diatas adalah cara mudah melatih Shih Tzu yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk melibatkan seluruh anggota keluarga ketika melatih Shih Tzu agar anjing kecil berbulu panjang itu kenal dengan semua anggota keluarga dan bisa akrab. Selain itu, Shih Tzu juga harus patuh agar semua anggota keluarga bisa memberinya perintah dan dipatuhi, terutama jika kalian sedang tidak dirumah.