Cara Melatih Anjing Penyerang

By | November 2, 2017

Mungkin masalah ini agak sensitif. Pastilah banyak pertentangan yang terjadi jika kita memang benar-benar ingin melatih peliharaan kita sebagai anjing penyerang. Ada banyak kejadian di luar sana yang memberikan keterangan bahwa serangan anjing cukup berbahaya di lingkungannya. Jadi kita juga mesti pertimbangkan secara serius sebelum mengajarinya sebagai anjing penyerang.

Beberapa diantara kita hanya menginginkan untuk melatih anjingnya sebagai penjaga saja, bukan sebagai penyerang. Anjing penyerang biasanya dibutuhkan oleh aparat polisi dan profesi tertentu yang berkaitan dengan keamanan. Namun, jika kita tetap ingin melatih anjing yang dapat digunakan untuk menyerang dalam kondisi tertentu ataupun situasi darurat, maka bisa melihat langkah berikut ini.
tips cara melatih anjing untuk menyerang

3 Dasar Cara Pelatihan Anjing Untuk Menyerang

Mengejar
Pada perintah ini kita bisa mengajarinya dengan perintah “catch” yang juga sering dipakai pelatih profesional untuk memerintahkan anjing berlari dan mengejar. Bentuk latihan yang sering dilakukan adalah menggunakan ayam atau agitator. Latihan pertama ini memang sangat dibutuhkan karena saat agitator mengganggu atau sedang meletakkan ayam dengan sasaran daging bisa menjadi pusat perhatiannya sang anjing. Harap diperhatikan juga bahwa hanya anjing tertentu saja yang bisa digunakan sebagai anjing penyerang seperti herder, siberian, pitbull, Shepard, dan masih banyak lagi. Jenis anjing-anjing penyerang terbaik tersebut umumnya punya insting untuk mengejar lebih cepat dibandingkan jenis anjing lainnya.

Menggigit
Anjing pemula memiliki gigitan yang termasuk biasa saja pada awalnya. Untuk itu, sebagai camilannya kita bisa memberikan tulang hewan yang besar. Bisa dikatakan ini sebagai latihan menggigit. Pada sekolah profesional juga banyak yang memakai agitator lengkap dengan pelindungnya, sehingga anjing yang dilatih akan berlari kemudian segera menggigit lengannya. Anjing penyerang biasanya dilatih hanya untuk menggigit bagian kaki dan tangan saja jika sasarannya manusia. Namun jika untuk hewan biasanya mengarah ke lehernya.

Mengejar dan Menggigit
Kombinasi ini memang sedini mungkin harus diajarkan untuk anjing penyerang karena memang intinya harus bisa mengejar & menggigit. Jika tidak, maka sasaran akan semakin pergi menjauh bukan? Untuk mendapatkan hasil ini perlu latihan yang sangat banyak. Hal ini dimaksud agar anjing semakin lincah ketika berlari dan mengincar sasarannya disaat bersamaan. Jika tertarik, kita juga bisa mengunjungi sekolah anjing profesional agar lebih jelas mengenai pelatihan yang diinginkan.

Itulah beberapa informasi yang bisa dibagikan sebagai cara untuk melatih anjing supaya menyerang. Ada baiknya untuk mempertimbangkan dahulu sebelum benar-benar menggunakannya sebagai anjing penyerang. Lebih disarankan untuk mengajarinya sebagai anjing penjaga saja daripada sebagai anjing penyerang. Bagaimana menurutmu?